Tanggal 30 April 2013 saya mendaftar dan melunasi biaya Umroh Terencana PT. Wisata Basmalah Tour & Travel Bandung untuk jadwal keberangkatan Februari 2014. Awal Januari, kami dikumpulkan dan diberitahu bahwa jadwal keberangkatan saya dan beberapa jamaah lain ditunda, dengan alasan telat menyerahkan dokumen. Saya tetap berpikir positif dengan penundaan itu, meskipun saya menyerahkan dokumen lengkap tanggal 3 Januari 2014. Tanggal 15 Februari, saya dan jamaah lain menerima penjelasan langsung dari direktur PT Wisata Basmalah bahwa kami akan diberangkatkan akhir bulan Februari 2014. Kami juga diberikan surat hasil keputusan keberangkatan yang ditandatangani oleh direktur.

Tak berapa lama kemudian, kami mendapatkan informasi jadwal keberangkatan kami adalah tanggal 28 Maret 2014. Pas malam hari sebelum hari keberangkatan, secara mendadak kami diberitahu lewat SMS bahwa keberangkatan kami diundur dengan alasan belum mendapatkan hotel dikarenakan hotel di sana masih penuh. Tanggal 3 April, kami bertemu dengan suami dari direktur. Suaminya inilah yang saat itu memberitahukan penundaan keberangkatan tanggal 28 Maret 2014. Dalam pertemuan itu, beliau menjanjikan keberangkatan antara tanggal 6, 8, dan 11 April dengan alasan masih dalam proses pengurusan visa. Kami tahu, salah satu syarat pengurusan visa adalah harus sudah ada tiket pesawat dan booking hotel.

Tapi waktu kami tanyakan apakah kami sudah dibelikan tiket pesawat dan booking hotel beliau tidak bisa memberikan buktinya dan cenderung muter-muter menjawabnya. Tanggal 10 April, kami mendapatkan pemberitahuan dari suami direktur lewat SMS bahwa jadwal keberangkatan kami yang terbaru nanti adalah tanggal 17 April 2014. Anehnya, salah satu karyawan Wisata Basmalah juga memberitahukan lewat email jadwal keberangkatan terbaru kami, tapi dengan tanggal yang berbeda yakni 19/20 April 2014. Di sini ada dua informasi yang berbeda.

Berhubung ada kejanggalan informasi dan beberapa kali menunda keberangkatan, saya meminta bukti-bukti bahwa kami bisa diberangkatkan pada tanggal yang diinformasikan, seperti bukti tiket pesawat dan booking hotel. Tapi, sampai dengan tulisan ini dibuat belum ada jawaban atau bukti-bukti yang diberikan kepada kami. Terus terang selama menunggu, selain rugi waktu, materi dan tenaga, kami juga terkuras pikirannya hanya untuk mengurus permasalahan umroh ini.

Belum lagi rasa malu terhadap keluarga, kerabat, dan tetangga yang sudah kami pamiti saat ingin berangkat. Perlu diketahui sebelum keberangkatan kami para jamaah sudah melakukan acara syukuran sekaligus berpamitan. Kepada PT Wisata Basmalah Tour & Travel, daripada kami menunggu ketidakpastian lebih baik segera kembalikan saja uang kami 100% beserta seluruh dokumen kami, agar kami bisa mencari Tour & Travel lain yang lebih profesional dan amanah.

Catur HP

Jl Sarimanis Blok 16 No. 97

http://inside.kompas.com/suratpembaca/read/43440